21 November 2018

RPP Kurikulum 2013 Gratis

Klik di bawah ini: 
Download 1
Download 2
Download 3


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan              :  SMK Kesehatan Indonesia Jaya
Mata Pelajaran                    :  Fisika
Komp. Kompetensi               :  Asisten Keperawatan
Kelas / Semester                 :  X / 1
Materi Pokok                       :  Pengukuran
Tahun Pelajaran                  :  2018-2019
Alokasi Waktu                     :  2  jam pelajaran x 45 menit

A.   Kompetensi Inti   : 

KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian/kerja Fisika pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI 4
:
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian/kerjaFisika.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

B.   Kompetensi Dasar :

3.1 Menerapkan (C3) prinsip-prinsip pengukuran besaran fisika, angka penting dan  notasi ilmiah

4.1 Melakukan (P3) pengukuran besaran fisis dengan menggunakan peralatan dan teknik yang tepat serta mengikuti aturan angka penting.

C.   Indikator Pencapaian :
  1.    Membandingkan (C2) besaran pokok dan besaran turunan serta dapat  memberikan contohnya dalam kehidupan sehari-hari
  2.        Menerapkan (C3) satuan besaran pokok dalam Sistem Internasional
  3.    Melakukan (P3) pengukuran dengan benar berkaitan dengan besaran   pokok panjang, massa, waktu.
  4.    Mendemonstrasika (P3) cara membaca nilai yang ditunjukkan alat ukur secara tepat, serta menuliskan hasil pengukuran sesuai dengan aturan penulisan angka penting.

D.   Tujuan Pembelajaran :
Melalui penggalian informasi, Diskusi, peserta didik mampu:
1.     Mejelaskan (C2)  besaran dan satuan dalam fisika.
2.    Membedakan (C2)  antara besaran pokok dan besaran turunan.
Melalui latihan, peserta didik dapat :
1.    Melakukan (P3) pengukuran secara langsung terhadap besaran panjang.
2.    Menunjukan (P3) data yang telah dikumpulkan dari suatu pengukuran

E.   Materi Ajar  :

    1.    Materi Fakta
·       Gambar/ video pengukuran besaran fisika

    2.    Materi Konsep
·       Besaran fisika
a. Besaran Pokok
b. Besaran Turunan
·       Satuan
a. Satuan Baku
b. Satuan Tidak Baku
·       Alat Ukur
a. Alat Ukur Panjang
b. Alat Ukur Massa
c. Alat Ukur Waktu
.

F.   Model dan Metode Pembelajaran
Model Discovery Learning
  1. Pemberian rangsangan (Stimulation);
  2. Pernyataan/Identifikasi masalah (Problem Statement);
  3. Pengumpulan data (Data Collection);
  4. Pembuktian (Verification), dan
  5. Menarik simpulan/generalisasi (Generalization).

Metode Pembelajaran
  1. Pengamatan
  2. Eksperimen
  3. Diskusi
  4. Tanya jawab
  5. Penugasan

G.   Media, Alat dan Sumber Belajar
·           Media
o  LKS
o  Power point
·           Alat/Bahan
o  LCD
o  Laptop
·           Sumber belajar
o   Buku Fisika kelas X Penerbit Erlangga
o   Buku refensi yang relevan,
o   Lingkungan setempat


H.   Kegiatan Pembelajaran :

Pertemuan 1 (2 x 45 menit)

A.   Pendahuluan (10 menit)
·      Salam dan Doa
·      Mengondisikan kelas dan pembiasaan
·      Apersepsi dan motivasi
·      Apakah panjang dan kepintaran termasuk besaran fisika?
·      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

B.   Kegiatan Inti (65 menit)

Mengamati
·      Siswa mengamati gambar yang berkaitan dengan besaran fisika
·      Siswa mengamati gambar perbedaan besaran pokok dan besaran turunan.

Menanya
           ·    Siswa menanyakan pengertian besaran fisika
           ·    Siswa menanyakan perbedaan besaran pokok dan besaran turunan
           ·    Siswa menanyakan satuan standar internasianal untuk setiap besaran

Mengumpulkan Data(Eksperimen/Eksplorasi)
·      Guru membimbing siswa dalam pembentukan kelompok
·      Siswa mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai pengertian besaran, perbedaan besaran pokok dan besaran turunan 
·      Siswa mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai satuan standar beserta karakteristiknya

Mengasosiasikan
·      Siswa menganalisis besaran pokok dan besaran turunan beserta satuannya
·      Siswa menganalisis mengenai pentingnya penggunaan satuan Sistem Internasional (SI)

Mengomunikasikan
·      Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang pengertian besaran, perbedaan besaran pokok dan besaran turunan  beserta satuan dalam Sistem Internasional

C.     Kegiatan Penutup (15 menit)
·      Guru bersama siswa menyimpulkan pengertian besaran fisika, besaran pokok dan besaran turunan beserta satuan dalam Sistem Internasional
·      Melakukan posttest


I.     Penilaian Pembelajaran
           Jenis / Teknik Penilaian
·      Portofolio (Laporan hasil percobaaan)
·      Performance/tes Praktik
·      Tes Tertulis ( Essay )
·      Lembar penilaian antar teman

          Instrumen penilaian
  • Intrumen Penilaian Portofolio
  • Instrumen Penilaian Sikap
  • Instrumen Penilaian Diskusi
  • Instrumen penilaian laporan praktik menggunakan rubrik penilaian
  • Instrumen tes menggunakan tes tertulis uraian


27 Mei 2018
Mengetahui :
Kepala Sekolah                                                      Guru Mata Pelajaran,     

__________________                                                       __________________                                              

Silahkan Download  Gratis.



No comments:

Post a Comment