Tujuan soal model Higher
Order Thinking Skills (HOTS) dalam
asesmen adalah untuk mendorong siswa melakukan penalaran tingkat tinggi
sehingga tidak terpaku pada satu pola jawaban yang dihasilkan dari proses
hapalan, tanpa mengetahui konsep keilmuan. HOTS merupakan salah satu tuntutan
keterampilan dalam pembelajaran abad 21, yaitu berpikir kritis, kreatif,
kolaboratif, dan komunikatif. Oleh karena itu penerapan soal model HOTS
dalam UN perlu diimbangi dengan peningkatan kemampuan guru dan siswa dalam
proses belajar mengajar.
Level Kognitif dalam UN
Level 1: (C1 dan C2)
Level Kognitif dalam UN
Level 1: (C1 dan C2)
Peserta pada level ini memiliki kemampuan standar minimum dalam menguasai pelajaran (Knowing)
Level 2: ( C3)
Peserta didik pada level ini memiliki kemampuan aplikatif (Applying),
Level 3: (C4, C5, dan C6)
Peserta didik pada level ini memiliki kemampuan penalaran dan logika (Reasoning).
Level 2: ( C3)
Peserta didik pada level ini memiliki kemampuan aplikatif (Applying),
Level 3: (C4, C5, dan C6)
Peserta didik pada level ini memiliki kemampuan penalaran dan logika (Reasoning).
Langkah-langkah Menyusun Soal HOTS
- Menganalisis KD yang dapat dibuatkan soal HOTS.
- Menyusun kisi-kisi soal.
- Memilih stimulus yang menarik dan kontekstual;
- Menulis butir pertanyaan sesuai dengan kisi-kisi soal. Butir-butir pertanyaan ditulis agar sesuai dengan kaidah penulisan butir soal.
- Membuat pedoman penskoran atau kunci jawaban.
CONTOH KISI-KISI SOAL ILMU PENGETAHUAN ALAM LEVEL 3
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Kelas
|
Materi
|
Indikator soal
|
Level kognitif
|
No Soal
|
Bentuk Soal
|
1
|
3.12. Menganalisis sifat-
sifat cahaya pembentukan bayangan pada bidang datar dan lengkung serta
penerapannya untuk menjelaskan proses penglihatan manusia, mata dan prinsip
kerja, dan prinsip kerja alat optik.
|
2
|
Cahaya
|
Disajikan gambar benda dengan
letak dan jarak bayangan tertentu pada lensa, bila benda digeser
mendekati/menjauhi lensa, peserta didik dapat:
a.menghitung perbesaran bayangan setelah benda
digeser.
b.menentukan sifat bayangan yang terjadi setelah benda
geser.
|
L3
|
1
|
Uraian
|
CONTOH SOAL ILMU PENGETAHUAN ALAM LEVEL 3
Sebuah benda P terletak di depan lensa cembung sehingga
terbentuk bayangan seperti pada gambar.
Jika benda P digeser 5 cm menjauhi lensa, perbesaran bayangan
setelah pergeseran adalah….
A.3/2
B.¾
C.2/3
D.1/2
CONTOH PEDOMAN
PENSKORAN ATAU KUNCI JAWABAN LEVEL 3
No comments:
Post a Comment