27 April 2019

Higher Order Thinking Skills (HOTS)


Tujuan soal model Higher Order Thinking Skills (HOTS)  dalam asesmen adalah untuk mendorong siswa melakukan penalaran tingkat tinggi sehingga tidak terpaku pada satu pola jawaban yang dihasilkan dari proses hapalan, tanpa mengetahui konsep keilmuan. HOTS merupakan salah satu tuntutan keterampilan dalam pembelajaran abad 21, yaitu berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif. Oleh karena itu penerapan soal model HOTS dalam UN perlu diimbangi dengan peningkatan kemampuan guru dan siswa dalam proses belajar mengajar. 

Level Kognitif dalam UN
Level 1: (C1 dan C2)
Peserta pada level ini memiliki kemampuan standar minimum dalam menguasai pelajaran (Knowing)
Level 2: ( C3) 
Peserta didik pada level ini memiliki kemampuan aplikatif (Applying),
Level 3: (C4, C5, dan C6) 
Peserta didik pada level ini memiliki kemampuan penalaran dan logika (Reasoning).


Langkah-langkah Menyusun Soal HOTS
  1. Menganalisis KD yang dapat dibuatkan soal HOTS.
  2. Menyusun kisi-kisi soal.
  3. Memilih stimulus yang menarik dan kontekstual;
  4. Menulis butir pertanyaan sesuai dengan kisi-kisi soal. Butir-butir pertanyaan ditulis agar sesuai dengan kaidah penulisan butir soal.
  5. Membuat pedoman penskoran atau kunci jawaban.
CONTOH KISI-KISI SOAL ILMU PENGETAHUAN ALAM LEVEL 3
No.
Kompetensi Dasar
Kelas
Materi
Indikator soal
Level kognitif
No Soal
Bentuk Soal
1
3.12. Menganalisis sifat- sifat cahaya pembentukan bayangan pada bidang datar dan lengkung serta penerapannya untuk menjelaskan proses penglihatan manusia, mata dan prinsip kerja, dan prinsip kerja alat optik.
  2
Cahaya
Disajikan gambar benda dengan letak dan jarak bayangan tertentu pada lensa, bila benda digeser mendekati/menjauhi lensa, peserta didik dapat:
a.menghitung perbesaran bayangan setelah benda digeser.
b.menentukan sifat bayangan yang terjadi setelah benda geser.

L3
1
Uraian


CONTOH SOAL ILMU PENGETAHUAN ALAM LEVEL 3
Sebuah benda P terletak di depan lensa cembung sehingga terbentuk bayangan seperti pada gambar.


Jika benda P digeser 5 cm menjauhi lensa, perbesaran bayangan setelah pergeseran adalah….
A.3/2
B.¾
C.2/3
D.1/2

CONTOH PEDOMAN PENSKORAN ATAU KUNCI JAWABAN LEVEL 3

No comments:

Post a Comment