Tabel Implementasi
PPK di Satuan Pendidikan
Focus penguatan
|
PPK
Kelas /Masyarakat
|
Implemnatasi
|
Hasil
yang diharapkan
|
Struktur Organisasai
|
1. Integrasidalam
Mata pelajaran
2. Optimalisasimuatan
local
3. Manajemenkelas
|
· Mengintegrasikan pada mata pelajaran yang ada di dalam struktur kurikulum dan mata
pelajaran Muatan Lokal (Mulok) melalui kegiatan intrakurikuler dan
kokurikuler. Sebagai kegiatan intrakurikuler dan kokurikuler, setiap guru
menyusun dokumen perencanaan
pembelajaran berupa Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai mata pelajarannya masing-masing. Nilai-nilai utama PPK diintegrasikan ke dalam mata pelajaran sesuai topik utama nilai PPK yang akan dikembangkan/dikuatkan pada sesi pembelajaran tersebut dan sesuai dengan karakteristik mata pelajaran masing-masing.
· Misalnya,mata pelajaran IPA untuk SMK mengintegrasikan
nilai nasionalisme dengan mendukung konservasi energi pada materi tentang
energi.
· Pada kegiatan ekstrakurikuler,satuan pendidikan melakukan
penguatan kembali nilai-nilai karakter melalui berbagai kegiatan. Kegiatan
ekskul dapat dilakukan melalui kolaborasi dengan masyarakat dan pihak
lain/lembaga yang relevan, seperti PMI, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas
Perdagangan,museum, rumah budaya, dan lain-lain, sesuai dengan kebutuhan dan
kreativitas satuan pendidikan.
·
Mengintegrasikan proses
pembelajaran di dalam kelas melalui isi kurikulum dalam mata pelajaran, baik
itu secara tematik maupun terintegrasi dalam mata pelajaran.
·
Memperkuat manajemen kelas,
pilihan metodologi, dan evaluasi pengajaran.
·
Mengembangkan muatan lokal
sesuai dengan kebutuhan daerah.
|
Kemandirian & tanggung jawab
dermawan, suka menolong & gotong royong
Percaya, kreatif & pekerja keras
Kepemimpinan & keadilan
|
StrukturKurikulum
|
1. Pembiasaannilaidalamkeseharian
di sekolah
2. KeteladananPendidik
3. Ekosistemsekolah
4. Norma,
aturan yang diberlakukan
|
·
Menekankan pada pembiasaan
nilai-nilai utama dalam keseharian sekolah.
·
Menonjolkan keteladanan orang
dewasa di lingkungan pendidikan.
·
Melibatkan seluruh ekosistem
pendidikan di sekolah.
·
Mengembangkan dan memberi ruang
yang luas pada segenap potensi siswa melalui kegiatan ko-kurikuler dan
ekstra-kurikuler.
·
Memberdayakan manajemen dan
tata kelola sekolah.
·
Mempertimbangkan norma,
peraturan, dan tradisi sekolah.
|
Baik & rendah hati
Percaya, kreatif & pekerja keras
Jujur
|
StrukturKegiatan
|
1. Orang
tua
2. Komitesekolah
3. Dudi/duda
4. Akademisi
5. Seniman/budayawan
6. Pemeritan/penda
|
·
Memperkuat peranan Komite
Sekolah dan orang tua sebagai pemangku kepentingan utama pendidikan.
·
Melibatkan dan memberdayakan
potensi lingkungan sebagai sumber pembelajaran seperti keberadaan dan
dukungan pegiat seni dan budaya, tokoh masyarakat, dunia usaha, dan dunia
industri.
·
Mensinergikan implementasi PPK
dengan berbagai program yang ada dalam lingkup akademisi, pegiat pendidikan,
dan LSM.
·
Mensinkronkan program dan
kegiatan melalui kerja sama dengan pemerintah daerah, kementerian dan lembaga
pemerintahan, dan masyarakat pada umumnya
|
terikat, kedamaian & kesatuan
Percaya, kreatif & pekerja keras
|
1. Bagaimana menilai ketercapaian nilai-nilai PPK
yang diterapkan di sekolah , bericontoh
Membuat Indikator Keberhasilan
Pelaksanaan Pendidikan Karakter di Sekolah
Contoh:
NILAI
|
Deskripsi
|
INDIKATOR SEKOLAH
|
1. Religius
|
Sikap dan
perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya,
toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, serta hidup rukun dengan
pemeluk agama lain.
|
·
Merayakan hari-hari besar
keagamaan.
·
Memiliki fasilitas yang dapat
digunakan untuk beribadah.
·
Memberikan kesempatan kepada
semua peserta didik untuk melaksanakan ibadah.
|
2. Jujur
|
Perilaku yang
didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat
dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.
|
·
Menyediakan fasilitas tempat
temuan barang hilang.
·
Tranparansi laporan keuangan
dan penilaian sekolah secara berkala.
·
Menyediakan kantin kejujuran.
·
Menyediakan kotak saran dan
pengaduan.
·
Larangan membawa fasilitas
komunikasi pada saat ulangan atau ujian.
|
3. Toleransi
|
Sikap
dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis,pendapat,
sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya
|
·
Menghargai dan memberikan
perlakuan yang sama terhadap seluruh warga sekolah tanpa membedakan suku, agama, ras, golongan,
status sosial, status ekonomi, dan kemampuan khas.
·
Memberikan perlakuan yang sama
terhadap stakeholdertanpa membedakan suku, agama, ras, golongan,
status sosial, dan status ekonomi.
|
4. Disiplin
|
Tindakan yang
menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.
|
·
Memiliki catatan kehadiran.
·
Memberikan penghargaan kepada
warga sekolah yang disiplin.
·
Memiliki tata tertib sekolah.
·
Membiasakan warga sekolah untuk
berdisiplin.
·
Menegakkan aturan dengan
memberikan sanksi secara adil bagi pelanggar tata tertib sekolah.
·
Menyediakan peralatan praktik
sesuai program studi keahlian (SMK).
|
5. Kerja
Keras
|
Perilaku yang
menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar,
tugas dan menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.
|
·
Menciptakan suasana kompetisi
yang sehat.
·
Menciptakan suasana sekolah
yang menantang dan memacu untuk bekerja keras.
·
Memiliki pajangan tentang
slogan atau motto tentang kerja.
|
6. Kreatif
|
Berpikir dan
melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari
sesuatu yang telah dimiliki.
|
Menciptakan
situasi yang menumbuhkan daya berpikir dan bertindak kreatif.
|
7. Mandiri
|
Sikap dan
prilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan
tugas-tugas
|
Menciptakan
situasi sekolah yang membangun kemandirian peserta didik.
|
2. Sarana
PPK yang disiapkan oleh sekolah
o Fasilitas yang dapat digunakan untuk beribadah.
o Memiliki catatan kehadiran.
o Menyediakan kantin kejujuran
3. Kendala dalam implemntasi
nilai-nilai karakter yang dikembangkan di sekolah belum
dipublikasikan dalam indikator yang representatif. Indikator yang tidak
mewakili dan menyebabkan kesulitan dalam mengungukur ketercapaiannya.
No comments:
Post a Comment