Nama Peserta : Agus Pujianto,
S.Pd
Asal Sekolah : SMK Kesehatan Indonesia
Jaya
Mata Pelajaran : Fisika
Analisislah keterkaitan SKL, KI, dan
KD dari mata pelajaran yang Anda ampu menggunakan format di bawah ini.
KOMPETENSI
INTI 3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI
INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
ANALISIS DAN REKOMENDASI KI
|
1
|
2
|
3
|
Memahami, menerapkan, menganalisis,
dan mengevaluasi tentang pengetahuan
faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai
dengan bidang dan lingkup kajian/kerja Fisikapada tingkat teknis,
spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai
bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional,
regional, dan internasional.
|
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat,
informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta
memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian/kerja Fisika.
Menampilkan kinerja
di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensikerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di
bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan,
meniru, membiasakan, gerakmahir,
menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di
bawah pengawasan langsung.
|
KI-3 pengetahuansesuai
dengan Kognitif: memahami (C2),
menerapkan (C3), menganalisis (C4), ataumengevaluasi (C5),
danbentukdimensipengetahuan: faktual, konseptual,
operasionalataumetakognitif.
dan KI-4 keterampilan adalah untuk program pendidikan
3 tahun.
KI-3 dan KI-4
tersebut sesuai menjadi rujukan KD-KD mata pelajaran Fisika (3 Tahun).
|
Keteranganpengisiankolomsbb:
1.
KompetensiIntiPengetahuan (KI-3) berdasarkan KI-KD
matapelajaran/silabus.
2.
KompetensiIntiKeterampilan (KI-4) berdasarkan KI-KD
matapelajaran/silabus.
3.
Analisis: KI-3 dan KI-4 matapelajaranuntuktingkat
program pendidikan 3 tahun/4 tahun (pilihsalahsatu) dan (sesuairanah/tidaksesuairanah).
Rekomendasi: sesuai / tidaksesuaitingkat program
pendidikan (pilihsalahsatu), jikatidaksesuaicantumkan KI yang sesuaitingkat
program pendidikan.
Mata
Pelajaran: Fisika
KOMPETENSI DASAR
PENGETAHUAN
(KD dari KI-3)
|
KOMPETENSI DASAR
KETERAMPILAN
(KD dari KI-4)
|
Analisis KDPengatahuan
|
Rekomendasi KD Pengetahuan
|
Analisis KD Keterampilan
|
Rekomendasi KD Keterampilan
|
Rekomendasi KD-KD pada Mapel
|
PPK
|
Tingkat
Dimensi Kognitif dan Bentuk Dimensi Pengetahuan
|
Kesesuaian Dimensi Kognitif dengan Bentuk
Pengetahuan
|
Bentuk Taksonomidan Tingkat Taksonomi
|
Keselarasan dukungan Taksonomi KD-dari
KI-3 terhadap KD dari KI-4
|
·
Ketercapaian Dimensi Kognitif dan Bentuk
Pengetahuan semua KD-3 dalam Mata Pelajaran
·
Ketercapaian Taksonomi semua KD-4 dalam Mata Pelajaran
|
Nilai-Nilai
Karakter
yang dapat Di integrasikan dalam Materidan Model Pembelajaran
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
3.1Menerapkan
prinsip-prinsip pengukuran besaran fisis,
angka penting dan notasi ilmiah pada bidang teknologi dan rekayasa
|
4.1Melakukan pengukuran besaran fisis dengan menggunakan peralatan dan teknik
yang tepat serta mengikuti aturan angka penting.
|
Tingkat dimensi kognitif adalah Menerapkan (C3), dan prinsip-prinsip pengukuran besaran fisis,
angka penting dan notasi ilmiah pada bidang teknologi dan rekayasa adalah bentuk pengetahuan (procedural)
|
Menerapkan(C3),
sesuai dipasangkan dengan prinsip-prinsip pengukuran besaran fisis,
angka penting dan notasi ilmiah pada bidang teknologi dan rekayasa (prosedural)
|
Melakukan adalah keterampilan konkret, tingkat
Presisi (P3)
|
KD-3 Menerapkan (C3) setaradengan KD-4 Melakukan
|
KD-3 dari KD-KD mata
Pelajaran Fisika sudah memenuhi
dimensi kognitif tuntutan KI-3 yaitu memahami, menerapkan, menganalisis dan
mengevaluasi.
Sedangkan bentuk
pengetahuan juga sudah terpenuhi, yaitu konseptual, Prosedural, dan
Metakognitif.
Tingkat taksonomi (KKO)
tertinggi sesuai tuntutan KI-3 ada pada KD-3
Ketercapaian Taksonomi
semua KD-4 mata pelajaran Fisika
|
· Rasa
Ingintahu
· Mandiri
· Bertanggung-jawab
· Kreatif
· Bekerja keras
· Mendemonstrasikan
|
Keteranganpengisiankolomsbb:
1.
KompetensiDasarPengetahuan (KD-3) sesuaimatapelajaran`
2.
KompetensiDasarKeterampilan (KD-4) sesuaimatapelajaran`
3.
TentukantingkatDimensiKognitif:
memahami (C2), menerapkan (C3), menganalisis (C4),
ataumengevaluasi (C5), danbentukDimensiPengetahuan:
faktual,
Konseptual, proseduralataumetakognitif.
4.
Tuliskanrekomendasitingkat taksonomi (kata
kerjaoperasional) danpengetahuan (materi) yang
sesuaitingkatannyauntuk KD yang bersangkutan.
5.
Tentukanbentuktaksonomi:
abstrakataukonkretsertatingkattaksonomi: (mengolah, menalar, menyaji)
atau (imitasi, manipulasi, presisi, artikulasi, naturalisasi).
6.
Tuliskanrekomendasi KD dari KI-3 (KKO danlevelnya)
yang selaras/setarauntukmendukungpasangannya KD dari KI-4.
7.
Tuliskan nilai-nilaikarakteryang dapat diintegrasikan
dalam kegiatan pembelajaranpadapasang
KD yang bersangkutan.
8. Tuliskanrekomendasidiantara
KD dari KI-3 dari KD-KD pengetahuanmatapelajaran yang harusmencapaitingkat taksonomi (KKO)tertinggisesuai KI-3, lalutuliskanrekomendasi
diantara KDdari KI-4 dari KD-KD keterampilanmatapelajaran yang harusmencapaitingkat taksonomi (KKO)tertinggisesuai KI-4.
Baca Juga:
No comments:
Post a Comment