02 October 2019

Analisislah keterkaitan SKL, KI, dan KD Kurikulum 2013


Nama Peserta        : Agus Pujianto, S.Pd
Asal Sekolah         : SMK Kesehatan Indonesia Jaya
Mata Pelajaran      : Fisika

Analisislah keterkaitan SKL, KI, dan KD dari mata pelajaran yang Anda ampu menggunakan format di bawah ini.

KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
ANALISIS DAN REKOMENDASI KI
1
2
3
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian/kerja Fisikapada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.


Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian/kerja Fisika.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensikerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakangerakmahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KI-3 pengetahuansesuai dengan Kognitif: memahami (C2), menerapkan (C3), menganalisis (C4), ataumengevaluasi (C5), danbentukdimensipengetahuan: faktual, konseptual, operasionalataumetakognitif.
dan KI-4 keterampilan adalah untuk program pendidikan 3 tahun.
KI-3 dan KI-4 tersebut sesuai menjadi rujukan KD-KD mata pelajaran Fisika (3 Tahun).
Keteranganpengisiankolomsbb:
1.    KompetensiIntiPengetahuan (KI-3) berdasarkan KI-KD matapelajaran/silabus.
2.    KompetensiIntiKeterampilan (KI-4) berdasarkan KI-KD matapelajaran/silabus.
3.    Analisis: KI-3 dan KI-4 matapelajaranuntuktingkat program pendidikan 3 tahun/4 tahun (pilihsalahsatu) dan (sesuairanah/tidaksesuairanah).


Rekomendasi: sesuai / tidaksesuaitingkat program pendidikan (pilihsalahsatu), jikatidaksesuaicantumkan KI yang sesuaitingkat program pendidikan.

Mata Pelajaran: Fisika

KOMPETENSI DASAR PENGETAHUAN
(KD dari KI-3)
KOMPETENSI DASAR KETERAMPILAN
(KD dari KI-4)
Analisis KDPengatahuan
Rekomendasi KD Pengetahuan
Analisis KD Keterampilan
Rekomendasi KD Keterampilan
Rekomendasi KD-KD pada Mapel
PPK
Tingkat Dimensi Kognitif dan Bentuk Dimensi Pengetahuan
Kesesuaian Dimensi Kognitif dengan Bentuk Pengetahuan
Bentuk Taksonomidan Tingkat Taksonomi
Keselarasan dukungan Taksonomi KD-dari KI-3 terhadap KD dari KI-4
·    Ketercapaian Dimensi Kognitif dan Bentuk Pengetahuan semua KD-3 dalam Mata Pelajaran
·    Ketercapaian Taksonomi semua KD-4 dalam Mata Pelajaran
Nilai-Nilai
Karakter yang dapat Di integrasikan dalam Materidan Model Pembelajaran
1
2
3
4
5
6
7
8
3.1Menerapkan prinsip-prinsip pengukuran besaran fisis, angka penting dan notasi ilmiah pada bidang teknologi dan rekayasa
4.1Melakukan pengukuran besaran fisis dengan menggunakan peralatan dan teknik yang tepat serta mengikuti aturan angka penting.
Tingkat dimensi kognitif adalah Menerapkan (C3), dan prinsip-prinsip pengukuran besaran fisis, angka penting dan notasi ilmiah pada bidang teknologi dan rekayasa adalah bentuk pengetahuan (procedural)
Menerapkan(C3), sesuai dipasangkan dengan prinsip-prinsip pengukuran besaran fisis, angka penting dan notasi ilmiah pada bidang teknologi dan rekayasa (prosedural)
Melakukan adalah keterampilan konkret, tingkat
Presisi (P3)
KD-3 Menerapkan (C3) setaradengan KD-4 Melakukan
KD-3 dari KD-KD mata Pelajaran Fisika  sudah memenuhi dimensi kognitif tuntutan KI-3 yaitu memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi.
Sedangkan bentuk pengetahuan juga sudah terpenuhi, yaitu konseptual, Prosedural, dan Metakognitif.
Tingkat taksonomi (KKO) tertinggi sesuai tuntutan KI-3 ada pada KD-3
Ketercapaian Taksonomi semua KD-4 mata pelajaran Fisika

· Rasa Ingintahu
· Mandiri
· Bertanggung-jawab
· Kreatif
· Bekerja keras
· Mendemonstrasikan

Keteranganpengisiankolomsbb:
1.    KompetensiDasarPengetahuan (KD-3) sesuaimatapelajaran`
2.    KompetensiDasarKeterampilan (KD-4) sesuaimatapelajaran`
3.    TentukantingkatDimensiKognitif: memahami (C2), menerapkan (C3), menganalisis (C4), ataumengevaluasi (C5), danbentukDimensiPengetahuan: faktual, Konseptual, proseduralataumetakognitif.
4.    Tuliskanrekomendasitingkat taksonomi (kata kerjaoperasional) danpengetahuan (materi) yang sesuaitingkatannyauntuk KD yang bersangkutan.
5.    Tentukanbentuktaksonomi: abstrakataukonkretsertatingkattaksonomi: (mengolah, menalar, menyaji) atau (imitasi, manipulasi, presisi, artikulasi, naturalisasi).
6.    Tuliskanrekomendasi KD dari KI-3 (KKO danlevelnya) yang selaras/setarauntukmendukungpasangannya KD dari KI-4.
7.    Tuliskan nilai-nilaikarakteryang dapat diintegrasikan dalam kegiatan pembelajaranpadapasang KD yang bersangkutan.
8.    Tuliskanrekomendasidiantara KD dari KI-3 dari KD-KD pengetahuanmatapelajaran yang harusmencapaitingkat taksonomi (KKO)tertinggisesuai KI-3, lalutuliskanrekomendasi diantara KDdari KI-4 dari KD-KD keterampilanmatapelajaran yang harusmencapaitingkat taksonomi (KKO)tertinggisesuai KI-4.


Baca Juga:

No comments:

Post a Comment