02 October 2019

Contoh Silabus Kurikulum 2013


SILABUS MATA PELAJARAN
Nama Sekolah           : SMK Kesehatan Indonesia Jaya
Bidang Keahlian       : Kesehatan
Pogram Keahlian       : Keperawatan
Kompetensi Keahlian : Asisten Keperawatan
Mata Pelajaran         : Fisika
Durasi (Waktu)         : 12 JP

KI-3 (Pengetahuan)    : Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian/kerja Fisikap ada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI-4 (Keterampilan)   : Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian/kerja Fisika.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

                                                                                                                  
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Materi Pokok
Alokasi Waktu (JP)
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian

Sumber Belajar
1
2
3
4
5
6

3.1 Menerapkan (C3) prinsip-prinsip pengukuran besaran fisis, angka penting dan  notasi ilmiah

4.1 Melakukan (P3) pengukuran besaran fisis dengan menggunakan peralatan dan teknik yang tepat serta mengikuti aturan angka penting.

1.    Membandingkan (C2) besaran pokok dan besaran turunan serta dapat memberikan contohnya dalam kehidupan sehari-hari
2.    Menerapkan (C3) satuan besaran pokok dalam Sistem Internasional
3.    Melakukan (P3) pengukuran dengan benar berkaitan dengan besaran pokok panjang, massa, waktu.
4.    Mendemonstrasika (P3) cara membaca nilai yang ditunjukkan alat ukur secara tepat, serta menuliskan hasil pengukuran sesuai dengan aturan penulisan angka penting.

Besaan dan satuan:
·   Besaran Pokok dan satuannya
·   Besaran Turunan dan satuannya





Pengukuran:
·   Alat Ukur


12
·       Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang prinsip-prinsip pengukuran besaran fisis, angka penting dan  notasi ilmiah (menumbuhkan rasa ingin tahu)
·       Mengumpulkan data tentang pengukuran besaran fisis dengan menggunakan peralatan dan teknik yang tepat serta mengikuti aturan angka penting. (menumbuhkan mandiri dan tanggung jawab)
·       Mengolah data tentang Hasil pengukuran besaran fisis dengan mengikuti aturan angka penting. (menumbuhkan ketelitian dan cermat)
·       Mengomunikasikan tentang Hasil pengukuran besaran fisis dengan mengikuti aturan angka penting (menumbuhkan tanggung jawab)
Pengetahuan:
·    Tes Tertulis (Pilihan Ganda)
Keterampilan:
·  Portofolio (Laporan hasil percobaaan)
·  Performance/tes Praktik

Observasi  Sikap

·           Media
o   LKS
o   Power point
·           Alat/Bahan
o   LCD
o   Laptop
o   Jangka sorong
o   Mikrometer sekrup
o   Neraca
o   Stopwatch
·           Sumber belajar
·       Buku Fisika kelas X Penerbit Erlangga


No comments:

Post a Comment