SILABUS MATA PELAJARAN
Nama Sekolah : SMK Kesehatan Indonesia Jaya
Bidang Keahlian : Kesehatan
Pogram Keahlian : Keperawatan
Kompetensi Keahlian : Asisten Keperawatan
Mata Pelajaran : Fisika
Durasi (Waktu) : 12 JP
KI-3 (Pengetahuan) : Memahami, menerapkan, menganalisis, dan
mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan
metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian/kerja Fisikap ada
tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri
sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional,
regional, dan internasional.
KI-4 (Keterampilan) : Melaksanakan
tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang
lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian/kerja Fisika.
Menampilkan
kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan
standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar,
mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif,
dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam
ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah,
serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Materi Pokok
|
Alokasi Waktu (JP)
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Sumber Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|
3.1 Menerapkan (C3) prinsip-prinsip pengukuran besaran fisis, angka penting
dan notasi ilmiah
4.1 Melakukan (P3) pengukuran besaran fisis
dengan menggunakan peralatan dan teknik yang tepat serta mengikuti aturan
angka penting.
|
1.
Membandingkan (C2) besaran pokok dan besaran
turunan serta dapat memberikan contohnya dalam kehidupan sehari-hari
2.
Menerapkan (C3) satuan besaran pokok dalam Sistem Internasional
3.
Melakukan (P3) pengukuran dengan benar
berkaitan dengan besaran pokok panjang, massa, waktu.
4.
Mendemonstrasika (P3) cara membaca nilai yang
ditunjukkan alat ukur secara tepat, serta menuliskan hasil pengukuran sesuai
dengan aturan penulisan angka penting.
|
Besaan dan satuan:
· Besaran Pokok dan satuannya
· Besaran Turunan dan
satuannya
Pengukuran:
· Alat Ukur
|
12
|
· Mengamati untuk
mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang prinsip-prinsip pengukuran
besaran fisis, angka penting dan
notasi ilmiah (menumbuhkan rasa ingin tahu)
· Mengumpulkan data
tentang pengukuran
besaran fisis dengan menggunakan peralatan dan teknik yang tepat serta
mengikuti aturan angka penting. (menumbuhkan mandiri dan tanggung jawab)
· Mengolah data
tentang Hasil pengukuran besaran fisis dengan
mengikuti aturan angka penting. (menumbuhkan ketelitian dan cermat)
· Mengomunikasikan
tentang Hasil pengukuran besaran fisis dengan
mengikuti aturan angka penting (menumbuhkan tanggung jawab)
|
Pengetahuan:
· Tes Tertulis
(Pilihan Ganda)
Keterampilan:
·
Portofolio (Laporan hasil percobaaan)
·
Performance/tes Praktik
Observasi
Sikap
|
·
Media
o
LKS
o
Power point
·
Alat/Bahan
o LCD
o Laptop
o Jangka sorong
o Mikrometer sekrup
o Neraca
o Stopwatch
·
Sumber belajar
·
Buku Fisika kelas X Penerbit Erlangga
|
Baca Juga:
No comments:
Post a Comment